Mengapa Kuliah di Turki?

3 minggu yang lalu
Mengapa Kuliah di Turki?

 

Belajar di luar negeri merupakan usaha untuk meraih masa depan yang lebih baik. Kita menyadari bahwa masa depan seseorang akan sangat dipengaruhi oleh pendidikannya. Dengan belajar di manca negara yang mana pendidikan mereka pun sudah jauh lebih maju dalam berbagai segi, kita akan menjadi seorang lulusan yang sanggup berkompetisi secara lebih baik dalam mencari lapangan pekerjaan baik di dalam maupun luar negeri.

Kuliah di luar negeri memiliki berbagai kemanfaatan untuk menggapai masa depan, baik dari sisi ilmu yang didapat, pengalaman hidup, pertemanan dengan berbagai bangsa dan lain sebagainya.

Keuntungan kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri kini sedang menjadi tren tersendiri dikalangan kawula muda. Pasalnya, selain bisa merasakan pengalaman baru di negeri orang, kuliah di luar negeri juga  terbukti memiliki banyak sekali kelebihan. Apa saja sih kelebihannya?. Yuk, kita cari tahu!

Menambah Pengalaman Hidup.

Yups, satu hal yang hanya bisa diperoleh dari kuliah di luar negeri adalah pengalaman hidup di negeri orang. Dengan belajar di luar negeri kamu dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kebudayaan yang berbeda, mulai dari makanan, cara berbicara bahkan bercanda, hingga gaya hidup dan lingkungan sosial mereka. Ini akan menjadi pengalaman luar biasa yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Menjadi lebih mandiri.

Tanpa kamu sadari, jauh dari keluarga akan otomatis membuat kamu jadi lebih mandiri. Disana, kita tidak bisa mengandalkan orang tua akan mengirimkan uang jajan tambahan saat sedang kekurangan. Itulah kenapa kebanyakan mahasiswa yang kuliah di luar negeri memiliki daya kemandirian. Mereka mengelola uang semaksimal mungkin. Selain itu, makanan yang berbeda juga tak jarang membuat mahasiswa luar negeri memasak sendiri disana. Tentunya dengan bumbu yang berbeda, tak jarang kreatifitas dan kemampuan memasak mahasiswa di sana lebih terasah.

Mudah belajar bahasa asing.

Untuk kamu yang ingin mengasah bahasa asing, tentu solusi terbaik adalah berinteraksi langsung dengan penutur asli bahasa tersebut. Tak dipungkiri semua ahli bahasa sepakat mengatakan bahwa cara belajar ala bayi, yakni mendengarkan dan meniru cara bicara, adalah metode terbaik untuk cepat menguasai bahasa. Maka dengan belajar di luar negeri, dimana kamu berinteraksi dengan penutur asli secara langsung dapat membuat kamu belajar bahasa asing lebih cepat.

Selain itu, kamu juga bukan hanya akan memahami grammar mereka, tapi juga slang atau bahasa gaul yang membuat kamu berasa lebih keren karena jarang diketahui orang banyak. Satu lagi keuntungan dari berbahasa asing yaitu berbicara dua bahkan beberapa bahasa sekaligus terbukti dapat mencerdaskan otak, lho, dan tentunya memudahkan komunikasi untuk kepentingan di masa depan.

Lingkungan sosial skala internasional.

Kuliah di luar negeri dapat memperluas lingkungan sosial kita menjadi skala internasional. Ini berarti teman-teman kita tentunya berasal dari berbagai negara. Kita jadi bisa bertukar cerita tentang kampung halaman masing-masing, baik tentang kebudayaan, wisata alam, dan keunikan tiap-tiap negara. Kita juga akan semakin akrab dengan teman dari negara lain karena menjalani suka duka di negeri orang bersama-sama.

Siapa tahu kamu bisa diajak jalan-jalan bareng ke negara mereka kan?. Selain itu bila nanti setelah lulus ingin berwirausaha, bisnis, ataupun di dunia pekerjaan, teman-teman kuliah dari banyak negara tersebut akan menjadi jaringan bisnis atau kerja yang juga dapat mendukung usaha-usaha kita.

Memudahkan akses mempelajari buku-buku langka dan dosen terbaik di bidangnya.

Kualitas pendidikan di negara maju memang sudah pasti lebih terjamin, berkualitas dan unggul dalam beberapa hal.  Contohnya saja, dari segi fasillitas, banyak dari buku langka yang notebene nya masih sulit untuk dicari di universitas-universitas dalam negeri tapi di universitas luar negeri yang sudah maju malah dapat dengan mudahnya kamu dapatkan. Ratusan ribu dokumen jurnal dapat kamu akses secara gratis dari perpustakaan mereka. Ditambah lagi, beberapa universitas bahkan menjadi tempat penyimpanan dokumen penting dan bersejarah yang tidak akan kamu temukan di universitas manapun. Fasilitas yang mumpuni ini juga ditunjang dengan dosen-dosen andal di bidangnya.

Mempunyai nilai tersendiri ketika melamar kerja.

Sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah  jika lulusan luar negeri lebih dilirik saat mencari kerja. Memang, lulusan luar negeri memiliki kemampuan bahasa, pengetahuan unik, kerja keras, dan disiplin yang telah terlatih selama disana. Ini menjadikan para pencari kerja lebih tertarik. Selain itu, dunia bisnis yang sudah go international juga memungkinkan para lulusan luar negeri mendapatkan peluang kerja lebih besar di kantor cabang dalam negeri oleh perusahaan sesuai dengan negara dimana mereka kuliah.

Lebih mencintai negara sendiri.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki negeri orang, justru membuat kita lebih mencintai dan menghargai negeri sendiri. Kamu akan membandingkan hal-hal yang hanya ada di negara sendiri, terutama keluarga. Tanggung jawab karena membawa nama Indonesia juga membangkitkan jiwa nasionalisme-mu. 

Kamu akan menyadari betapa Indonesia merupakan rumah bagi jiwa dan raga, serta tak ada yang lebih nyaman dari pada tinggal di kampung halaman. Oleh karena itu, kamu akan lebih bertekad untuk berjuang menyelesaikan studi sesegera mungkin demi kembali ke Indonesia dan mengabdi pada negeri tercinta.

Setelah mengetahui banyak kelebihan kuliah di luar negeri, mungkin masih terbesit berbagai keraguan untuk belajar di negeri orang. Mulai dari biaya hidup, perbedaan suasana, sampai ke persoalan ibadah di negara lain yang sering jadi kendala. Pertanyaan selanjutnya yang terbesit adalah di negara mana yang paling sesuai dan nyaman, ya?.

Mengapa kuliah di Turki?

Turki negara yang kini sedang hangat menjadi pembicaraan orang karena kemajuannya yang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini memang patut kamu jadikan destinasi menimba ilmu.

Kenapa harus banget kuliah ke Turki?. Mari kita telisik dari berbagai segi...

Sistem pendidikan.

Negara dengan tahun akademik September-Juni ini menerapkan bahasa Turki dalam sebagian besar universitasnya (Bahasa Inggris digunakan juga di beberapa universitas). Tapi meski dari segi bahasa dan politik Turki bukan termasuk dalam EU, Turki mengimplementasi Bologna process sejak tahun 2001. Ini membuat sistem pendidikan di negara tersebut setara dengan negara-negara di Eropa.

Hal ini dibuktikan dari semua perguruan tingginya yang menggunakan credit system yang sama dengan Universitas di Amerika Utara. Sedangkan untuk segi sistem pendidikannya sendiri, Turki menggunakan two-tier system, kecuali untuk beberapa jurusan seperti Ilmu kedokteran gigi, Ilmu kedokteran hewan, farmasi, dan obat-obatan.  

Adapun kelebihan dari penerapan Bologna process ini adalah dalam hal pengakuan gelar, jaminan kualitas, kualifikasi kerangka kerja, dan sistem akreditasi terbaru yang di universalkan dengan European Union. Misalkan contohnya pada awal tahun 1990 saja, beberapa universitas ternama seperti Boğaziçi University dan Istanbul Technical University, program teknik oleh ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology-USA) atau dalam bahasa Indonesia adalah semacam BAN-PT dari USA. Kita juga bisa ikutan program pertukaran pelajar ke negara Eropa (Erasmus). Syaratnya yaitu harus lulus seleksi TOEFL dan nilai GPA. Bila lulus, kamu bisa ke Jerman, Prancis, Belanda, Polandia, dan negara eropa lainnya sesuai kerjasama masing-masing universitas.

Sedangkan untuk pencapaian, berdasarkan statistik ISI Web Sains Indeks Thomson , Turki berada di 20 besar  peringkat dunia untuk publikasi jurnal ilmiah. Turki juga menambah jumlah universitas mereka pada tahun 2010, dari 51 menjadi 171. Universitas-universitas ini dikembangkan sesuai dengan reformasi Bologna yang telah diperkenalkan di Turki. Sektor pendidikan memang menjadi prioritas tinggi di negara ini. Itulah mengapa semua universitasnya selalu menyiapkan rencana strategi tahunan sesuai hukum yang ditetapkan  pemerintah.

Tuition Fees yang terjangkau.

Siapa bilang mendapatkan pendidikan berkualitas harus berkantong tebal?. Di Turki, kamu bisa kuliah dengan biaya yang sangat terjangkau. Bahkan di beberapa universitas Turki seperti Kastamonu Univeristy, Kirklareli University, Bandirma University, dll  kamu sudah bisa kuliah dengan biaya kurang dari satu juta rupiah per semester loh!.

Bahkan menurut survey oleh Study.eu, Turki masuk dalam peringkat 5 besar negara dengan biaya kuliah terjangkau.

Living Cost nya reasonable bangett

Untuk ukuran negara maju sekelas Turki, dengan berbagai kenyamanan dan fasilitas yang serba lengkap juga tersedia, ternyata biaya hidupnya relatif terjangkau loh. Beberapa biaya bahkan tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, misalkan saja, tiket transportasi lokal satu kali jalan nya hanya berkisar 2.60 TL atau 9.100 IDR. Harga yang sangat reasonable kan untuk tinggal di sebuah negara adidaya?.

Jika kita melihat perbandingan melalui Numbeo.net di masing-masing Negara, perbandingan indeks living cost di Indonesia ternyata hanya beberapa persen lebih murah dibandingkan di Turki. Bahkan uniknya, bahan makanan di Turki lebih murah dari di Indonesia!. Wah, ini biaya di Indonesia nya yang kemahalan apa Turki nya yang kemurahan ya...

Untuk ukuran tinggal di negera industri G20, tentu presentase tersebut sangat reasonable.Bagaimana tidak?. Dengan biaya yang beda sedikit kamu sudah bisa mendapatkan timbal balik yang lebih. Baik porsi makanan yang lebih banyak, internet yang lebih stabil, transportasi bebas macet, dan banyak lagi.

Posisi geografis yang strategis.

Hampir semua yang pernah kepoin Turki atau berkunjung langsung ke negara ini pasti tahu dong kalau Turki merupakan persilangan dua benua, yakni Asia dan Eropa. Inilah kenapa Turki merupakan negara multikultural. Ini juga yang menyebabkan adanya percampuran antara budaya timur dan barat. 

Untuk kamu yang suka travelling, kuliah di Turki bakalan membuat kamu nggak pernah bosan. Bagaimana tidak, disaat kamu sedang mumet memikirkan tugas kuliah, panorama alamnya yang luar biasa indah bisa menghilangkan stres mu. Banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti misalnya 3 provinsi besar; İstanbul, Ankara, İzmir, Bursa. Atau mencoba ke khasan wisata di provinsi lain seperti melihat kuda troy di Canakkale, atau situs sejarah di Sanliurfa atau Mardin. Selain itu, berkunjung ke Eropa saat liburan juga bukan hal yang tidak mungkin. Misalnya jika kamu ingin ke Yunani atau Bulgaria, bisa lewat Edirne. Jarak yang dekat dan kemudahan transportasi bisa membuat biaya travelling mu jauh lebih murah.

Pemerintah yang welcome dengan Pelajar Asing

Misi pemerintah Turki untuk menjadi pusat regional untuk pendidikan tinggi telah membuat negara ini menambah daya tampung pelajar asing nya dari di angka 100.000 mahasiswa di tahun 2015, menjadi 350.000 mahasiswa di tahun 2020. Saat ini mahasiswa dari 155 negara termasuk Indonesia sudah mengenyam pendidikan di Turki.

Internasionalisasi universitas Turki adalah salah satu upaya insentif untuk menstandarisasi kualitas yang lebih tinggi. Perluasan kapasitas pendidikan tinggi di Turki juga telah menjadi bagian integral dari kemampuan Turki untuk menyambut lebih banyak siswa internasional.

Dengan berbagai kelebihannya, ditambah lagi kemudahan yang ditawarkan pemerintah Turki untuk kuliah di sana. Tentu kuliah di Turki dapat menjadi pilihan utama untuk melanjutkan study di sana. Nah, jika kamu sudah berminat menimba ilmu di Turki, berikut tips – tips agar impianmu dapat berubah menjadi kenyataan:

Cari info universitas yang diminati sebanyak-banyak nya.

Info yang paling utama harus kamu cari dari universitas yang kamu minati adalah mengenai Fakultas dan Jurusan yang dimiliki, peringkat , dan status kuliah nya.  Untuk itu kamu bisa langsung mencari tahu di website resmi universitas.

Untuk status nya sendiri universitas di Turki terdiri dari dua jenis, yaitu Public (Negeri) dan Vakif (Swasta). Tentu terdapat banyak perbedaan baik dari segi biaya maupun fasilitas yang ditawarkan. Inilah yang harus kamu teliti lebih jauh.

Info cara apply di universitas yang diinginkan.

Untuk info cara apply universitas, kamu tentunya harus mencari tahu lebih dahulu di universitas yang bersangkutan. Kamu bisa tanyakan langsung ke universitas atau senior yang sudah kuliah di sana.

Setelah tahu universitas mana yang ingin kamu incar. Tahap selanjutnya adalah mencari tahu jalur-jalur untuk masuk kuliah ke universitas tujuan.

Ada dua jalur yang bisa kamu tempuh :

Jalur Beasiswa.

 Adapun dua macam beasiswa yang di sediakan oleh pemerintah Turki:

YTB

Beasiswa ini merupakan beasiswa untuk umum. Untuk detail informasi lebih lengkapnya silahkan mengacu ke website mereka di : https://www.turkiyeburslari.gov.tr/en/english-home/.

Türkiye Diyanet Vakfı / TDV

Nah, bedanya Türkiye Diyanet Vakfı disediakan khusus untuk ilmu agama. Untuk detail informasi lebih lengkapnya silahkan mengacu ke website mereka di : http://burs.diyanetvakfi.org.tr/

Bagi rekan-rekan yang memiliki kualifikasi berupa: Prestasi Akademik, Pengalaman Organisasi, Prestasi Non-Akademik, Referensi, dan lainnya kualifikasi unggulan dapat ikhtiar mengajukan aplikasi beasiswa ini. Namun perlu dipahami juga bahwa jumlah beasiswa ini terbatas dan jumlah pelamar semakin besar.

Kedua beasiswa ini adalah full scholarship, 100% ditanggung oleh pemerintah Turki.  Biaya yang ditanggung ini mencakup tiket pesawat, uang saku, asrama, dan lainnya. Tapi patut dicatat bahwa biasanya jika terjadi penurunan IPK maka beasiswa kamu juga bisa terpotong, ya. Itulah kenapa mahasiswa Turki yang belajar dengan mengandalkan beasiswa wajib mempertahankan IPK nya. Satu lagi hal yang harus kamu catat adalah semua beasiswa cara pengaplikasiannya tidak diwakili oleh lembaga tertentu alias kamu harus aplikasi sendiri.

Jalur Mandiri.

Jalur mandiri kuliah di Turki juga sangat menarik. Pertimbangannya dapat kamu lihat kembali pada tulisan sebelumnya; “Kelebihan kuliah di Turki”. Tuition fees, dan biaya hidup yang cukup terjangkau menjadi alasan paling utama kenapa mulai banyak mahasiswa Indonesia yang memilih kuliah mandiri di Turki.

Adapun untuk jalur aplikasi nya, kamu bisa ajukan dengan dua cara berikut:

1. Apply langsung sendiri tanpa melalui lembaga.

Untuk apply langsung, sama seperti saat kamu mencari informasi beasiswa. Kamu bisa menanyakan langsung ke universitas bersangkutan atau kepada mahasiswa yang sudah kuliah di Turki.

 2. Apply melalui Lembaga/ Agen.

Sedangkan untuk aplikasi melalui lembaga/ agen, terdapat berbagai nama yang sudah mengirimkan calon mahasiswa ke Turki. Silahkan dicari info lengkap masing-masing lembaga melalui website resmi mereka.

Kami sendiri, Yayasan Pendidikan Indonesia Turki sudah mengirimkan siswa/I Indonesia untuk kuliah ke Turki secara mandiri. Alhamdulillah tahun 2017 kami mengirim 151 siswa/i ke 4 universitas negeri di Turki yaitu Uludag University di kota Bursa, Sakarya University di kota Sakarya, Kastamonu University di kota Kastamonu, dan Kirklareli University di kota Kirklareli.

Selain kerjasama 2017 dengan berbagai universitas berlanjut, InsyaAllah di tahun 2018 ini kami juga bekerjasama dengan beberapa universitas negeri lainnya seperti Istanbul University, Bandirma University, dan lain-lain.

Kami mendapatkan kepercayaan dari berbagai universitas di Turki untuk mengirim pelajar Indonesia kuliah di Turki dengan menyelenggarakan seleksi masuk di Indonesia. Proses seleksi ini di bagi menjadi 2 (dua) yaitu pertama seleksi melalui ujian tertulis yang di selenggarakan di Indonesia dan kedua adalah seleksi berkas (Transkrip nilai ijazah dan hasil nilai UAN)

 



Komentar